Cara Menghilangkan Kutu Rambut Membandel Cuma 1 Hari

Admin
Kutu kepala atau yang terkenal dengan nama kutu rambut adalah sejenis serangga parasit penghisap darah yang bisa kita temui hidup di bagian kepala manusia. Dalam sehari seekor kutu betina mampu bertelur enam buah dan telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur kutu rambut akan menetas setelah kurang lebih 7 hari ( id.wikipedia ). Bayangkan betapa cepatnya pertumbuhan para kutu jika tidak segera diatasi.


Kutu kepala berukuran sangat kecil, inilah yang membuat kita tidak sadar bahwa rambut telah menjadi sarang kutu. Walaupun anda bisa menangkap dan mematikan kutu rambut, masalah kutu pastinya belum selesai karena biasanya masih ada telur yang tertempel di rambut. Memang perlu sedikit trik untuk membasmi mereka, berikut tutorial cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Kalau cuma menghilangkan si kutu pastinya gampang sekali, kalian bisa langsung mencarinya dan menangkapnya dengan tangan kosong. Dulu saya sering diminta nenek untuk membantu membasmi kutu yang ada di rambut panjang beliau. Lihat gambar ini agar kita bisa dengan mudah menghilangkan kutu manual dengan tangan!

Seperti dibahas sebelumnya bahwa telur kutu bisa menempel pada rambut karena zat lengket dari si kutu betina. Telur tidak akan terlepas jika dikeramas pakai air saja, kita perlu cairan dengan kandungan yang lebik kuat, salah satunya cuka. Kita juga bisa menggunakan obat kutu rambut yang disediakan di apotik sebagai alternatif cuka.

Bahan yang perlu disiapkan adalah cuka, sisir rapat, air hangat, shampoo, air normal


  1. Pertama-tama basahi rambut anda dengan air hangat hangat kuku.
  2. Lanjutkan dengan menuangkan cuka ke rambut, ratakan seluruh helai rambut di kepala anda dengan gerakan menyisir rambut pakai jari tangan. Sisir dari pangkal sampai ujung rambut, tapi kita harus lebih fokus ke rambut yang dekat dengan kulit kepala (biasanya disanalah kebanyakan telur menempel).
  3. Setelah proses pastinya rambut anda akan bau cuka, bilas dengan air bersih lalu gunakan conditioner. Cara menghilangkan kutu rambut belum selesai, kita harus memastikan tidak ada telur ataupun kutu yang tersisa.
  4. Siapkan sisir rapat, cobalah ke toko/ apotik terdekat tanyakan adakah sisir rapat yang khusus membasmi kutu. Sisir ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan sisir rapat dari plastik. Siapkan pula campuran air dan cuka di dalam mangkok.
  5. Setelah ada sisir kutu, gunakan sisir tersebut untuk menyisir semua helai rambut di kepala mulai dari pangkal bawah sampai ke ujung rambut. Perlu diingat setelah satu kali sisir, bersihkan sisir kutu sebelum menyisir untuk kedua kalinya. Kita bisa membersihkannya dalam larutan air + cuka yang telah disiapkan tadi. Menghilangkan kutu di rambut yang panjang
  6. Proses selesai dan pastinya 99,99% kutu rambut dan telurnya sudah hilang dari kepala kita. Terakhir anda cukup keramas dengan shampoo dan air biasa untuk menghilangkan sisa-sisa proses.

Cara menghilangkan kutu dan telurnya tanpa merusak rambut ini pastinya aman bagi kesehatan dan kecantikan rambut, jadi tak perlu khawatir saat mempraktekannya.

Masih banyak lagi alternatif dari larutan cuka, sebut saja jeruk nipis, belimbing wuluh,shampoo lidah buaya , minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond dan bawang merah. Selama proses keramas anda perlu berhati-hati, karena kebanyakan bahan di atas dapat menyebabkan rasa perih di mata.
Ada juga cara menghilangkan telur kutu yang menempel di rambut yang cukup efektif tapi sayangnya bisa merusak kecantikan rambut yaitu dengan catokan. Panas dari alat pencatok dapat membunuh kutu ataupun telur kutu yang ada di rambut. Setelah proses kita tinggal keramas untuk menghilangkan telur kutu yang sudah mati.

Tanda Ada Kutu di Rambut Anda

Pada dasarnya kita harus membasmi kutu tersebut sesegera mungkin, ada beberapa tanda hadirnya kutu di rambut. Saat ada kutu di rambut biasanya ada rasa gatal yang berlebihan, banyak orang yang salah mengira bahwa gatal ini disebabkan oleh ketombe. Tapi jika anda lihat lebih teliti ada perbedaannya. Gatal karena kutu lebih bikin ngilu, gatal ini disebabkan oleh air liur kutu yang keluar saat mereka menghisap darah di kulit kepala.

Tanda kutu bersarang di rambut


  • Saat anda akan tidur, terasa ada yang bergerak di rambut kepala anda.
  • Ada tanda bengkak memerah di belakang telingga dan kulit kepala anda.
  • Ceklah pangkal rambut, biasanya ada telur kecil yang menempel. Telur ini terlihat putih mengkilap.


Cara Mencegah Kutu Rambut Datang Lagi

Saat anda terkena kutu rambut pasti ada beberapa telur yang menempel di bantal, tempat tidur, sisir, handuk ataupun aksesoris rambut lainnya. Kalau tidak ingin kutu rambut datang lagi pastikan semuanya anda bersihkan.

Sebenarnya jika tidak ada di dekat makhluk hidup, si kutu kepala ini akan mati hanya dalam waktu 2 hari karena kelaparan. Sedangkan telur kutu menetas dalam 7 hari, oleh karena itu kita masih harus waspada selama seminggu setelah menghilangkan kutu.

Sebelum tidur pastikan anda membersihkan tempat tidur terlebih dahulu. Untuk hasil maksimal cucilah pembungkus bantal, sprei dan handuk. Lebih baik lagi kalau kita melakukan penjemuran bantal dan kasur. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan lantai dan karpet di kamar tidur.

Bersihkan sisir rambut anda dalam larutan air hangat untuk menghilangkan sisa sisa kutu dan telurnya. Oh ya buat yang memelihara binatang macam kucing dan anjing, tidak ada salahnya memandikan mereka. Si kutu rambut tidak hanya hidup di rambut manusia, mereka juga bisa menempel di hewan hewan berbulu lainnya.

Kita harus cukup berhati-hati jika teman ataupun kerabat anda yang terkena kutu rambut. Jangan menggunakan sisir, handur, aksesoris rambut ataupun tempat tidur yang sama dengan mereka. Sarankan dengan perkataan lembut agar mereka mau melakukan tutorial cara membasmi kutu rambut di atas.

Tips Tambahan:
Tips jitu menghilangkan kutu rambut dengan cepat
Tips yang akan kami berikan ini sangat mudah Anda lakukan, untuk mengusir kutu rambut yang merepotkan Anda tersebut. Kutu rambut tidak bisa hilang hanya dengan dikeramasi saja, harus ada cara lain agar bisa mengusir kutu rambut secara tuntas. Berikut penjelasannya :

1. Steam rambut

Cara ini bisa Anda lakukan, ketika Anda mengetahui jika rambut Anda berkutu lebih dini. Sehingga jumlah kutu yang berkembangbiak masih belum terlalu banyak. Dengan steam rambut disalon, maka rambut Anda akan diberikan uap panas sehingga bisa membuat kutu mati dan telur-telurnya tidak bisa menetas. Kemudian setelah steam, Anda bisa menyisir rambut Anda dirumah dengan sisir rapat, pasti kutu-kutu tersebut banyak yang mati.

2. Kapur serangga

Cara ini mungkin terbilang ekstrim, namun memang ampuh mematikan kutu pada rambut Anda. Caranya gerus kapur serangga, kemudian taburkan keseluruh rambut Anda dan tunggu kurang lebih 30 menit. Yang terakhir, Anda bisa bersihkan rambut Anda dengan shampo, sebaiknya bershampo 2-3 kali agar benar-benar bersih, kemudian sisir dengan sisir rapat.

3. Minyak kayu putih dan jeruk nipis

Cara yang satu ini juga tidak kalah ampuhnya. Bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemukan dan yang pasti harganya murah, namun ampuh menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Cara menggunakannya adalah dengan memeras 5 buah jeruk nipis kemudian dicampur dengan 7 sdm minyak kayu putih. Kemudian, balurkan secara rata keseluruh rambut Anda, diamkan selama kurang lebih selama 2 jam dengan membalutkan anduk ke rambut Anda. Setelah itu, bersihkan rambut Anda sampai bau minyak kayu putihnya hilang.

Pencarian terkait :

  • Cara Cepat menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan
  • Cara menghilangkan kutu rambut secara alami tanpa merusak rambut
  • Creambath bisa menghilangkan kutu rambut
  • Perawatan salon untuk menghilangkan kutu rambut
  • Shampo untuk menghilangkan kutu rambut
  • Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari
  • Cara menghilangkan kutu dengan rinso
  • Alat penghilang kutu
Previous
Next Post »