Apakah Cuka Sari Apel Dapat Menghilangkan Kutil? Ini Jawabanya

Admin

Apa sebenarnya penyebab kutil?

Kutil yang tumbuh di kulit, memang cukup umum kita dengar. Kebanyakan orang memilikinya pada suatu saat dalam hidup mereka.

Benjolan menonjol yang tidak berbahaya ini, biasanya  terbentuk atau muncul terutama di tangan dan kaki, disebabkan oleh virus papiloma manusia (HPV). Tidak ada obat untuk HPV, jadi pengobatan ditujukan untuk menghilangkan kutil.

Perawatan dengan metode modern untuk kutil meliputi:

  • Membekukan kutil (cryotherapy)
  • Krim topikal yang mengandung asam salisilat
  • Terapi laser
  • Operasi pengangkatan

Namun, mengobati atau menghilangkan kutil bisa mahal dan menyakitkan. Terkadang membutuhkan banyak perawatan. Bahkan dengan pengobatan kutil yang berhasil, kutil bisa kembali atau menyebar ke area lain di tubuh kita.


Bagaimana cuka sari apel bisa mengobati kutil?

Cuka telah digunakan selama  ribuan tahun untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari sakit perut hingga poison ivy dan diabetes.

Gagasan bahwa cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati kutil telah bertahan dalam ujian waktu. Secara umum, cuka sari apel dipercaya bekerja untuk kutil dengan cara berikut:

  • Cuka bersifat asam (acetic acid), sehingga dapat membunuh beberapa jenis bakteri dan virus saat bersentuhan.
  • Cuka dapat membakar dan perlahan-lahan menghancurkan kulit yang terinfeksi, menyebabkan kutil rontok, mirip dengan caranya asam salisilat Sumber Tepercaya bekerja.
  • Iritasi dari asam merangsang kemampuan sistem kekebalan Anda untuk melawan virus penyebab kutil.


Bagaimana  Cara Kita  Menggunakan Cuka Sari Apel Untuk Mengobati Kutil?

Cara yang paling direkomendasikan untuk mengobati kutil dengan cuka sari apel cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan bola kapas, air, cuka sari apel, dan lakban atau perban. Berikut langkah langkahnya:

  1. Campur dua bagian cuka sari apel dalam satu bagian air.
  2. Rendam bola kapas dalam larutan air cuka.
  3. Oleskan bola kapas langsung pada kutil.
  4. Tutupi dengan selotip atau perban, biarkan bola kapas menempel pada kutil semalaman (atau lebih lama jika memungkinkan).
  5. Lepaskan bola kapas dan perban atau selotip, lalu buang.
  6. Ulangi setiap malam sampai kutil lepas.


Ada Cara lain juga dalam menghilangkan Kutil, solusi untuk merendam tangan atau kaki Anda:

  1. Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama dalam ember atau wadah besar.
  2. Rendam area yang terkena kutil selama sekitar 15 menit setiap hari.
  3. Bilas kulit dengan air setelah selesai.

 

Apakah ada penelitian untuk mendukung alasan ini?

Sayangnya, hanya ada sedikit bukti ilmiah bahwa cuka sari apel sangat efektif untuk mengobati kutil. Sumber Tepercaya menunjukkan bahwa cuka dapat membunuh patogen berbahaya di laboratorium.

Cuka juga terkadang digunakan sebagai disinfektan rumah tangga atau sebagai cara untuk mengawetkan makanan.

Terlepas dari beberapa bukti yang menunjukkan cuka mungkin merupakan pengobatan yang efektif dalam kasus tertentu, penelitian ilmiahSumber Tepercaya tidak mendukung penggunaan cuka untuk melawan infeksi pada manusia, baik saat dioleskan ke kulit atau tertelan.

 

Apakah cuka sari apel aman untuk kutil?

Cuka adalah asam lemah, mengandung antara 4 dan 8 persen asam asetat. Namun, asam lemah pun dapat menyebabkan luka bakar kimiawi.

Ada laporan, Gadis berusia 14 tahun dan satu lagi pada seorang anak laki-laki berusia delapan tahun - dari cuka sari apel yang menyebabkan luka bakar kimiawi jika dioleskan langsung ke kulit dan ditutup dengan perban.

Anda harus sangat berhati-hati saat mengoleskan cuka sari apel langsung ke kulit Anda. Kemungkinan Anda akan merasakan iritasi ringan atau sensasi terbakar.

Jika Anda mengalami banyak rasa sakit dan rasa terbakar yang tampaknya semakin parah seiring waktu, lepaskan bola kapas dan bilas area tersebut dengan air. Saat mencoba pengobatan ini, pastikan Anda mengencerkan cuka sari apel dengan air untuk membantu mencegah luka bakar.

Anda tidak boleh mengoleskan cuka sari apel ke luka terbuka atau langsung ke wajah dan leher. Selain itu, jangan gunakan cuka sari apel pada kutil di area vital seperti bagian kelamin . Jenis kutil ini berbeda dan harus ditangani oleh dokter.

 

Reaksi alergi mungkin terjadi dengan produk alami apa pun. Gejala reaksi alergi mungkin termasuk:

  • Sulit bernafas
  • Ruam atau gatal-gatal
  • Pusing
  • Detak jantung cepat
  • Garis garis

Seperti banyak pengobatan alami lainnya, bukti yang mendukung penggunaan cuka sari apel untuk mengobati kutil sebagian besar bersifat anekdot. Karena cuka tersedia secara luas dan sangat terjangkau, Anda mungkin ingin mencobanya sebelum beralih ke perawatan yang lebih mahal. Jika Anda mengalami rasa terbakar atau nyeri, encerkan cuka lebih banyak sebelum mengaplikasikannya.

 

Beli cuka sari apel.

Jangan gunakan cuka sari apel untuk membuka luka. Jika kulit Anda terasa terbakar atau sangat teriritasi, bilas hingga bersih dengan air. Jika Anda mengalami gejala reaksi alergi, atau gejala lain yang mengkhawatirkan, segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter Anda.

Terkait kutil, Anda mungkin perlu mencoba beberapa metode pengobatan berbeda sebelum menemukan yang tepat. Dokter atau dokter kulit Anda mungkin mendukung mencoba pengobatan alami bersama dengan perawatan konvensional. Bicaralah dengan dokter Anda untuk berkonsultasi mengenai pilihan Anda.

 

Previous
Next Post »